oleh

Profil dan Biodata Eddy Gombloh: Agama, Istri, Karier, Film, Meninggal

Jakarta, POPULERNEWS.COM – Pelawak Eddy Gombloh meninggal dunia pada Kamis, 4 Agustus 2022 di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Sardjito, Yogyakarta. Rekan mendiang Benyamin Sueb ini akan dimakamkan di TPU Tegal Alur Cengkareng pada Jumat, 5 Agustus 2022.

Bagi kamu yang suka menonton film humor era 70 hingga 90-an pasti sudah tidak asing lagi dengan pelawak Eddy Gombloh. Namun, popularitas Eddy Gombloh hanya bertahan hingga tahu 2000-an karena kondisi kesehatannya yang menurun. Berikut profil dan biodata Eddy Gombloh.

1. Eddy Gombloh Pindah ke Yogyakarta.

Pemilik nama Supardi ini memiliki karier cemerlang di Jakarta sebagai pelawak dan aktor. Ia kerap kali memerankan karakter yang lemot dan lugu. Peran yang kerap ia mainkan sering bersama Benyamin Sueb.

Ia menikah dengan gadis bukan dari kalangan selebriti bernama Martina Lubalu. Hingga akhirnya ia memutuskan kembali ke kampung halaman setelah kondisi kesehatannya mulai menurun pada 2009 lalu.

Eddy Gombloh diketahui tinggal di Dusun Sonowetan, Merdikorejo, Tempel, Sleman. Eddy Gombloh mengaku memutuskan kembali ke Yogyakarta karena menyukai suasana di kampung halamannya tersebut.

2. Menghabiskan Waktu di Kebun.

Setelah kembali ke kampung halaman bersama istri dan anak bungsunya, Ayu Adina Anggraeni, Eddy Gombloh banyak menghabiskan waktunya di kebun. Berdasarkan penelusuran Zigi.id, pria kelahiran 1941 ini memiliki kebun salak di daerah Sleman.

Selain menghabiskan waktunya untuk berkebun, Eddy Gombloh rupanya juga memiliki warung kecil-kecilan untuk menyibukkan diri selama di Yogyakarta. Hasil dari berkebun dan warung tersebut digunakan Eddy Gombloh untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari serta memperluas bisnisnya.

3. Bisnis Eddy Gombloh.

Setelah kariernya meredup pada tahun 1990-an, Eddy Gombloh mengalihkan pendapatannya untuk membuka bisnis. Pria kelahiran Yogyakarta ini diketahui memiliki empat ruko di Jakarta dimana ruko tersebut dikelola oleh orang kepercayaannya. Eddy Gombloh juga memiliki bisnis lain di Yogyakarta selain kebun salah yakni membuka usaha alat tulis.

4. Memiliki Karier Cemerlang.

Nama Eddy Gombloh selalu wara-wiri di layar kaca pertelevisian Indonesia. Meskipun tidak memerankan sebagai aktor utama dalam sebuah film, Eddy Gombloh sukses membuat masyarakat Indonesia dengan keluguan serta kelucuannya.

Pria yang wafat di usia 81 tahun ini telah membintangi sejumlah film populer seperti Tiga JanggoZorro KemayoranManusia 6 juta dollarBenyamin Tukang Ngibul dan Ekspedisi Karta Karun.

5. Dekat dengan Benyamin Sueb.

Eddy Gombloh mengungkapkan dirinya pertama kali bertemu dengan pelawak Betawi, Benyamin Sueb saat berada di kodam. Pertemuan tersebut awal dari kedekatan Eddy Gombloh dengan Benyamin Sueb hingga disatukan di beberapa judul film. Bahkan ia seringkali dijahili oleh rekan satu filmnya tersebut.

Bahkan, mereka sempat membuat grup pelawak bersama Doel Kamli bernama Trio Kambing yang merupakan akronim dari Doel Kamli, Benyamin dan Gombloh.

6. Penyakit Eddy Gombloh.

Kondisi kesehatannya yang memburuk diketahui karena Gombloh memiliki riwayat diabetes. Belum diketahui sejak kapan sahabat dari Benyamin Sueb ini menderita diabetes. Tak hanya itu, Eddy Gombloh sempat menjalani operasi katarak pada 2015.

Oleh sebab itu, mata kiri Eddy Gombloh harus ditutup dengan plastik transparan di usianya yang sudah senja. Selain diabetes dan katarak, Gombloh juga diketahui mengalami pengapuran pada bagian lutut.

Kondisi kesehatannya semakin menurun setelah terinfeksi Covid-19 pada Agustus 2021 lalu. Hal ini menyebabkan Gombloh tidak dapat bergerak lebih leluasa seperti sebelumnya.

Eddy Gombloh dikabarkan meninggal dunia pertama kali oleh Ketua Humas Persatuan Artis Film Indonesia (PARFI), Evry Joe pada Kamis, 4 Agustus 2022 setelah dirawat di RSUP Sardjito, Yogyakarta selama tiga hari.

Aktor Benyamin Brengsek ini meninggal karena sakit ditambah komplikasi pada jantung hingga paru-paru. Jenazah Eddy Gombloh disemayamkan terlebih dahulu di rumah kediamannya yang berada di Yogyakarta kemudian dimakamkan di TPU Tegal Alur Cengkareng pada Jumat, 5 Agustus 2022.

8. Biodata Eddy Gombloh.

  • Nama Asli: Supardi
  • Nama Panggung: Eddy Gombloh
  • Tempat, Tanggal Lahir: Yogyakarta, 17 Agustus 1941
  • Umur: 81 Tahun
  • Pasangan: Martina Lubali
  • Agama: Kristen
  • Profesi: Pelawak, Pengusaha
  • Tahun Aktif: 1971 – 1990
  • Wafat: Sleman, 4 Agustus 2022
  • Makam: TPU Tegal Alur, Cengkareng

Demikian profil dan biodata Eddy Gombloh, pelawak senior Indonesia yang meninggal dunia pada Kamis, 4 Agustus 2022 di RSUP Sardjito Yogyakarta karena sakit. Selamat jalan Eddy Gombloh!

[Red/PN/Zigi.id]

Foto : facebook Eddy Gombloh.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed