oleh

Audensi Dengan Kapolda Jateng, Walubi dan Permabudhi Resmi Gelar Perayaan Waisak Nasional 16 Mei 2022

SEMARANG, POPULERNEWS.COM – Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi menyambut baik rencana Walubi (Perwakilan Umat Buddha Indonesia) dan Persatuan Umat Buddha Indonesia (Permabudhi) yang akan bersama-sama menggelar Perayaan Tri Suci Waisak Nasional umat Buddha Indonesia tahun ini di Candi Borobudur Magelang.

Hal ini disampaikan Kapolda Jateng saat menerima audiensi pengurus DPP Walubi dan DPP Permabudhi, terkait Persiapan Pelaksanaan Hari Tri Suci waisak 2566 Tahun Buddhis di Ruang Kerja Kapolda Jawa Tengah, Rabu (11/05/2022).

Hadir pada audiensi tersebut antara lain Murdaya Po (Dewan Pengawas Walubi), Bapak Karuna Murdaya (Wakil Pelaksana Harian Walubi), YM Bhikkhu Khanit (Sekjen), Tanto Soegito Harsono (Koordinator Panitia Waisak) dan Kenneth S.Purnama (Bendahara).

“Ini akan menjadi simbol persatuan bagi umat Buddha Indonesia serta simbol kebersamaan, sehingga umat Buddha melihat bahwa tidak ada hal yang perlu dipertentangkan. Saya senang pada akhirnya Perayaan Tri Suci Waisak Nasional 2022 bisa digelar bersama-sama,” kata Kapolda Jateng, Rabu (11/05/2022) pagi.

Rangkaian Perayaan Waisak 2566 BE/ 2022 Masehi dipusatkan di Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Perayaan kali ini kembali dilangsungkan setelah dua tahun ditiadakan karena pandemi.

Koordinator Waisak 2566 BE di Candi Borobudur, Tanto S Harsono mengatakan, setelah dua tahun ditiadakan karena pandemi, tahun ini dilangsungkan Perayaan Waisak di Candi Borobudur.

“Rangkaian Waisak dimulai pada, Sabtu (7/5) dengan karya bakti di Taman Makam Pahlawan (TMP) di seluruh Indonesia. Ya betul (dua tahun ditiadakan karena pandemi),” kata Tanto.

Lebih lanjut, menurut Tanto untuk tema Waisak kali ini yakni, “Jalan kebijaksanaan menuju kebahagiaan sejati”.

“Besok (perayaan Waisak), kita masih dalam skala terbatas. Kita hanya batasi 1.200 orang (saat detik-detik Waisak),” ujarnya yang juga Ketua 2 DPD Walubi Jateng, itu.

Sementara itu, Penyelenggara Bimas Buddha Kabupaten Magelang, Kemenag Kabupaten Magelang, Saring menambahkan, detik-detik Waisak pada Senin (16/5) pukul 11.13.46 WIB. Kemudian setelah itu dilangsungkan Dharmasanti.

“Prosesi seperti biasa perjalanan dari Candi Mendut, mampir di Pawon dan terakhir di Candi Borobudur. Arakan-arakan sekitar jam 8 pagi, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan,” pungkasnya.

Rangkaian Perayaan Waisak 2566 BE di Candi Borobudur:

13 Mei 2022, bakti sosial di Kaloran Temanggung,
13 Mei 2022, bakti sosial di Kabupaten Semarang,
14 Mei 2022, bakti sosial sembako,
14 Mei 2022, pengambilan Api Abadi Mrapen dibawa dan disemayamkan di Candi Mendut,
15 Mei 2022, pengambilan Air Suci dari Umbul Jumprit dibawa dan disemayamkan di Candi mendut,
16 Mei 2022, prosesi jalan kaki dari Candi Mendut ke Candi Borobudur,
16 Mei 2022, acara puncak di Lapangan Kenari detik-detik Waisak 11.13.46 ada acara-acara ritual dan lain-lain,
16 Mei 2022, Dharmasanti Waisak pukul 19.00 WIB di Lapangan Lumbini Candi Borobudur. [Red/PN]

Bidhumas Polda Jateng

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed