oleh

Bupati Toba Bersama DPR RI dan BPODT Bahas Memajukan Danau Toba di Sapadia Bukit Gibeon

Toba, POPULERNEWS.COM – Dalam rangka pengembangan kawasan wisata super prioritas Danau Toba, Bupati Toba, Ir. Poltak Sitorus hadiri pertemuan bersama Anggota DPR RI, Dr. Sihar P.H. Sitorus, BSBA., M.B.A.. dan Dirut Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT), Jimmy Bernardo Panjaitan di Sapadia Villa, Bukit Gibeon, Sibisa, Kecamatan Lumbanjulu, Kabupaten Toba, Sumatera utara. Rabu (11/5/2022).

Dalam siaran Pers Pemkab Toba ,Pertemuan ini dilakukan guna menindaklanjuti adanya rencana atau masterplan dari pihak BPODT untuk membangun spot spot wisata di kawasan Danau Toba khususnya di Kabupaten Toba.

Seperti yang disampaikan oleh Jimmy, rencana untuk membangun spot-spot wisata di kawasan Danau Toba yang dimaksud adalah untuk memaksimalkan anggaran yang dialokasikan Pemerintah Pusat dalam mendukung Danau Toba sebagai Kawasan Wisata Super Prioritas Nasional (KSPN)

Namun, Jimmy melanjutkan bahwa menurut survei yang telah dilakukan oleh konsultan BPODT, dimana sesuai masterplan yang telah dirancang terdapat beberapa kendala dalam anggaran pembiayaan.

Menanggapi hal tersebut, DPR RI Sihar Sitorus mengharapkan, melalui pertemuan ini Pemerintah Daerah dan BPODT dapat bersinergi dan mencari solusi, dimana salah satunya adalah mengundang investor yang mau menanamkan modalnya.

Lebih lanjut, Sihar mengharapkan investor yang akan menanamkan modalnya bukan satu investor saja, melainkan terdiri dari beberapa investor yang berasal dari kumpulan punguan-punguan marga dan merupakan putra-putra asli daerah yang ada di Danau Toba, baik yang sudah ada di perantauan. Hal ini dimaksudkan agar meminimalisir terjadinya konflik sosial, budaya, dan adat di tengah masyarakat kedepannya.

Sementara itu, Bupati Toba dalam penyampaiannya menyambut baik rencana tersebut dan menyarankan untuk mengadakan Toba Investment Forum di Jakarta. Dimana Jakarta merupakan tempat yang paling strategis untuk dapat mempertemukan calon investor yang mewakili punguan-punguan Marga yang ada diseluruh Indonesia, bahkan di luar Indonesia untuk dapat hadir.

Turut mendampingi Bupati Toba dalam pertemuan tersebut Plt Kadis Kominfo Sesmon T.B Butarbutar, Plt Kadis Pendidikan Rikardo Hutajulu, Plt Kepala Bappelitbangda Sofyan Sitorus, Kabag Pembangunan Rihat Pasaribu, Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Try Sutrisno P Samosir dan beberapa pejabat lainnya. [Red/PN]

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed