oleh

Wakil Walikota Bitung: Timur Indonesia Bersatu (TIB) Perlu Dukung Pemerintah

Bitung, POPULERNEWS.COM — Di tengah iklim kebebasan politik di negeri ini, banyak munculnya sejumlah organisasi masyarakat (ormas) diharapkan ikut mendukung program kerja pemerintah. Pemerintah daerah juga perlu tahu apa kegiatan dari organisasi masyarakat (ormas) tersebut, karena pada prinsipnya pemerintah mengayomi ormas dan membutuhkan kerja sama dengan ormas-ormas yang ada di daerahnya.

Kehadiran sejumlah ormas di Kota Madya Bitung mendapat apresiasi positif dari pemerintah Kota Bitung. Pemerintah berharap akan terjadi kerja sama demi pembangunan di wilayah Bitung.

Hal itu dikatakan oleh Wakil Walikota Bitung Hengky Honandar SE, saat ditanya tanggapannya soal deklarasi ormas Timur Indonesia Bersatu (TIB) di Bitung (20/11/2021). Deklarasi TIB Sulawesi Utara itu disertai gelar budaya Indonesia bagian timur di GOR Kota Bitung.

Pentas budaya itu merefleksikan kekayaan dan keanekaragaman budaya yang dimiliki masyarakat bagian timur Indonesia ini.

Mengapresiasi deklarasi TIB dan pentas budaya itu, Wakil Walikota Bitung mengatakan, pada prinsipnya pemerintah Kota Bitung menghargai kehadiran kelompok ormas yang ada dan berharap dapat mendukung kerja pemerintah demi masyarakat yang dilayani.

“Saya mengapresiasi, dan berharap dengan adanya Timur Indonesia Bersatu, semoga kita bisa bersama-sama menciptakan persatuan. Prinsipnya, NKRI harus dipertahankan, itu harga mati. Sebagai bagian dari NKRI, di dalam Indonesia timur ini ada banyak ragam kebudayaannya. Itu harus dihargai dan dipelihara terus menjadi kekayaan bangsa Indonesia,” ujar Wakil Walikota Hengky Honandar.

Pada prinsipnya Pemkot Bitung mendukung setiap organisasi yang terbentuk di wilayahnya karena dapat menjadi mitra pemerintah dalam melaksanakan pembangunan.

Yang penting, menurut Hengky Honandar, selalu ada koordinasi dengan pemerintah, agar kegiatan-kegiatan dari organisasi tersebut diketahui oleh pemerintah.

Pemkot Bitung ikut membina agar Organisasi masyarakat sukseskan pembangunan

Fungsi pemerintah adalah ikut membina dan mengarahkan agar setiap organisasi dapat berkembang dengan baik sesuai dengan tujuan bersama, yakni mensukseskan pembangunan. Tugas pemerintah adalah memastikan masyarakatnya hidup aman, damai, dan saling bersikap toleransi.

Kebudayaan suku-suku di seluruh Indonesia bagian timur ini menjadi pendukung utama eksistensi masyarakat budayanya.

Bahkan, Indonesia bagian timur merupakan kawasan wilayah yang amat kaya, baik kekayaan di darat, di laut, maupun di udara. Itu semua merupakan sumber alam yang luar bisa manfaatnya untuk masyarakat.

“Jadi, mari kita satu hati, satu persepsi, tetap mempertahankan Indonesia kita,” kata Wakil Walikota Bitung Hengky Honandar, SE.

TIB bertekad membantu pemerintah untuk mempercepat pembangunan dan pemberdayaan masyarakat

Dalam kaca mata iman, kita bersyukur betapa Tuhan menciptakan daerah-daerah ini dengan sumber daya alam yang luar biasa tinggi nilainya. Sehingga kita semua terpanggil untuk mengelolanya dengan bijak demi sebesar-besarnya kemakmuran rakyat Indonesia bagian timur dan masyarakat NKRI secara keseluruhan.

“Saat ini Timur Indonesia Bersatu (TIB) di Sulawesi Utara sudah memiliki perangkat struktural, mulai dari DPD hingga DPC. TIB bertekad membantu pemerintah untuk mempercepat pembangunan dan pemberdayaan masyarakat di Indonesia bagian timur,” kata Ketua Umum Timur Indonesia Bersatu Andreas Parapaga. [Rika/red]

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed