oleh

Sekati YK Ing Mall Hadirkan Esensi Sekaten Yang Akan Di Gelar Dalam Mall

POPULERNEWS, Yogyakarta — Pemkot Yogyakarta menggelar pasar industri kreatif, yang akan dilaksanakan di Tiga Mall yakni,  di Malioboro Mall, Galeria Mall, dan Lippo Plaza Yogyakarta. Kegiatan yang akan berlangsung dari tanggal 13 – 18 Oktober 2021 itu mengambil tema utama “Sekati YK Ing Mall”. Selain menghadirkan pasar malam dan promosi produk UMKM Kota Yogyakarta, juga digelar berbagai karya kreatif seni budaya. Rabu (13/10/2021).

Menurut Kadri Renggono, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Pemkot Yogyakarta, titik berat kegiatan  Sekati YK Ing Mall pada aspek ekonomi, budaya, dan pariwisata.

“Kegiatan ini diadakan di mall sebagai penanda awal kebangkitan ekonomi Yogyakarta. Seperti ketahui bahwa di mall sangat terbatas mobilisasinya. Oleh sebab itu, pihak Pemkot Yogyakarta memberikan kesempatan kepada pihak mall untuk menyelenggarakan ‘Sekati YK Ing Mall’,” jelas Kadri Renggono.

Kegiatan ini menjadi event baru yang akan dilakukan setiap tahunnya. Mengangkat kebudayaan dan ekonomi, serta Pemkot menggandeng UMKM dan IKM yang ada di Kota Pelajar.

Sekati YK Ing Mall menyajikan pameran produk UMKM berupa fesyen, kerajinan, kuliner, workshop serta pertunjukan tari. Ada sekitar 40 UMKM yang berpartisipasi di Malioboro Mall, 20 UMKM di Galeria Mall dan 10 UMKM di Lippo Plaza. Dalam kegiatan itu juga akan ada layanan pendampingan pembuatan izin usaha nomor induk berusaha UMKM .

“UKM yang terlibat sudah melalui kurasi. Pihak mall memberikan fasilitas area gratis untuk kegiatan Sekati Yk Ing Mall. Kegiatan diadakan di Mall yang sudah menerapkan protokol kesehatan cukup ketat,” tambah Tri Karyadi.

Kegiatan “Sekati YK Ing Mall” ini diharapkan dapat menghadirkan semangat suasana perayaan Sekaten yang dulu dimeriahkan dengan pasar malam, seni budaya, dan promosi produk UMKM Kota Yogyakarta.

“Kami ingin membawa spirit suasana Sekaten dalam Sekati YK Ing Mall. Sekati lebih pada membawa spirit suasana Sekaten. Kami ucapan terima kasih kepada Kraton Yogyakarta terkait penamaan Sekati. Tekanan kami berikan pada aspek ekonomi, budaya dan pariwisata,” kata Kadri sehari sebelum kegiatan ini berlangsung.

Sejak dua tahun lalu kegiatan perayaan seperti ini batal digelar mengingat situasi pandemi. Prosesi Sekaten masih ada dan hanya diselenggarakan Kraton Yogyakarta. Oleh sebab itu Pemkot Yogyakarta ingin mengembalikan suasana perayaan Sekaten dalam Sekati YK Ing Mall.

“Sekati” yang akan diadakan dikreasikan menjadi industri kreatif dan identik dengan pertunjukan, bukan ritual. Nama “Sekati” juga sudah mendapatkan restu Kraton Yogyakarta. Dalam kegiatan ini para kepala OPD dan istri akan terlibat dalam fashion show.[Rika/Novy/red]

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed