oleh

Komandan Kodiklatad tinjau Daerah Latihan Makalisung, Sulawesi Utara

Manado,PopulerNews.com,- Dankodiklatad sebagai Komandan Latihan Bersama Garuda Shield 15/2021 antara Indonesia Army dan US Army yang akan digelar secara serentak di 3 Kodam yaitu Kodam II/Swj, Kodam VI/Mlw dan Kodam XIII/Mdk. Bertempat di daerah latihan Makalisung yang berjarak sekitar 60 KM dari Kota Manado Sulawesi Utara, Komandan Kodiklatad Letjen TNI AM. Putranto, S.Sos. beserta rombongan melaksanakan peninjauan Sarana dan Prasarana lokasi Field Training Exercise (FTX). Jum’at (23/4/2021).

Tim yang dipimpin oleh Dankodiklatad beserta rombongan melaksanakan peninjauan sarana dan prasarana dilokasi awal tepatnya di Secata Rindam XIII/Mdk, keesokan harinya dilanjutkan peninjauan Medan Rahlat di Desa Makalisung Kompleks – Manado. Kegiatan diawali dengan menerima paparan dari Danrindam XIII/Mdk terkait kesiapan penggunaan daerah latihan dan dilanjutkan peninjauan langsung ke lokasi yang akan digunakan.

Konsep Latihan Bersama kedua negara antara Prajurit TNI AD dan US Army melaksanakan kegiatan Field Training Exercise (FTX) dengan menggunakan daerah latihan yang dirancang berdasarkan situasi dan kondisi menyerupai medan dan situasi sebenarnya yang akan dihadapi oleh prajurit saat penugasan nantinya.

Melalui Latma kedua negara ini, diharapkan dapat saling berbagi taktik dan strategi bertempur, adanya transfer ilmu dan tekhnologi sesuai dengan perkembangan saat ini sehingga semakin meningkatkan profesionalisme prajurit dan yang tidak kalah penting terjalinnya hubungan yang semakin erat antara militer kedua negara.

Latihan bersama yang akan diselenggarakan setingkat batalyon ini akan melibatkan 120 personel TNI AD dan 120 personel US Army yang secara bersamaan akan dilaksanakan di 3 wilayah Indonesia. Setelah peninjauan di wilayah Kodam XIII/Mdk akan dilanjutkan ke wilayah Kodam VI/Mlw untuk meninjau fasilitas akomodasi dan daerah latihan. Sebelumnya Dankodiklatad bersama tim telah meninjau Rahlat Puslatpur Kodiklatad di Kodam II/Swj.

Turut serta dalam peninjauan Pangdam XIII/Merdeka Mayjen TNI Santos G. Matondang, M.M., M.Tr (Han), Asisten Latihan Kasad Mayjen TNI Harianto, Direktur Latihan Kodiklatad Brigjen TNI Haryanto, S.I.P., M.Tr (Han), Danrem 131/Santiago Brigjen TNI Prince Meyer Putong, S.H., Danrindam XIII/Merdeka Kolonel Inf Semuel Jefferson Aling, S.Ip., dan Pabanopslat Sdirlat Kodiklatad Kolonel Inf Suparlan Purwo Utomo. (Red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed